Cara Membuat Token Ujian Pada Google Form

 

Google form merupakan salah satu layanan dari perusahaan Google yang memudahkan pengguna untuk membuat survey, kuesioner, polling, dan lainnya secara online. Beberapa sekolah sudah memanfaatkan google form untuk kegiatan ujian atau asesmen. Selain jawaban sudah terkoreksi otomatis, google form juga dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu lagi mencetak soal ujian atau asesmen.

Untuk memberikan keamanan lebih pada soal yang sudah dibuat sebelumnya, kamu bisa menggunakan Token sebagai pengaman tambahan. Tujuannya adalah agar tidak sembarang orang dapat mengerjakan atau melihat soal ujian. Baerikut merupakan cara membuat token ujian pada google form:

  • Klik titik tiga pada pojok kanan bawah form

  • Pilih Validasi Jawaban atau Response validation

  • Pilih salah satu tipe token, Contoh di sini menggunakan tipe angka. Kolom nomor 3 untuk token dan kolom no 4 untuk pesan error jika salah memasukkan token. Jika token berisi huruf dan angka (kombinasi), maka ganti kolom nomor 1 dengan tipe teks dan ganti kolom nomor 2 dengan tipe berisi.

  • Langkah terakhir yaitu klik wajib isi (1) dan kemudian klik tambahkan bagian (2) tujuannya yaitu memisahkan antara halaman token dan halaman ujian.

Itulah tadi cara membuat token ujian pada google form. Semoga bermanfaat ya sob!




Post a Comment for "Cara Membuat Token Ujian Pada Google Form"