Perbedaan Shared Hosting dan VPS

 

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya apa sih bedanya antara shared hosting dan VPS?. Kedua jenis layanan hosting ini biasanya sering digunakan untuk keperluan usaha mapaun keperluan lainnya. Penasaran kan? Yuk simak artikel dibawah ini!

Faktanya shared hosting dan VPS itu memiliki banyak perbedaan lho, mulai dari sisi sumber daya hingga biaya. Biasanya shared hosting digunakan untuk usaha atau bisnis skala kecil dengan traffic rendah. Sebaliknya, VPS diperuntukkan untuk usaha atau bisnis skala menengah ke atas dan dengan jumlah traffic yang besar. Jika sampai sini kamu masih bingung perbedaan  antara shared hosting dan VPS, kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahasnya di artikel ini!

Shared Hosting

Shared hosting biasanya populer digunakan oleh pemula yang sedang membangun sebuah website dengan jumlah traffic atau pengunjung yang rendah. Jika di ibaratkan, shared hosting seperti menyewa sebuah apartemen dan pengguna saling berbagi sumber daya didalamnya. Jika salah satu penghuni menggunakan sumber daya yang berlebihan, maka akan berdampak atau mengganggu  pengguna lainnya. Namun shared hosting masih banyak diminati oleh pengguna karena harga yang terjangkau dibandingkan dengan VPS hosting. Selain harga yang murah, pengguna shared hosting juga tidak memerlukan keahlian untuk mengelola sebuah server, karena server sudah dikelola oleh penyedia layanan hosting. 

Setelah kita membahas kelebihan shared hosting di atas, mari kita bahas juga kekurangan dari shared hosting itu sendiri. Shared hosting ibarat sebuah apartemen yang digunakan oleh banyak pengguna, semakin banyak penggunaan sumber daya server oleh salah satu pengguna (over load) maka bisa menyebabkan akses yang lambat. Selain itu shared hosting juga memiliki batasan penggunaan dan sumber daya.

VPS Hosting

Virtual private server atau yang sering kita kenal dengan VPS merupakan layanan hosting yang sumber dayanya berasal dari suatu server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil. Sumber daya VPS tersedia khusus (terisolasi dan lebih terdedikasi) untuk pengguna dan tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya yang artinya performa website dengan VPS biasanya relatif lancar dan cepat. Jika kita analogikan VPS hosting seperti menyewa sebuah rumah di komplek perumahan dan anda bertanggung jawab atas pengelolaan rumah tersebut. Namun Anda masih tinggal bersama penghuni rumah lain di dalam satu komplek perumahan yang sama. Selain sumber daya yang tersedia secara khusus, salah satu kelebihan VPS hosting yaitu konfigurasi keamanan dikelola secara penuh oleh pengguna sehingga memungkinkan keamanan yang lebih ketat.

Kekurangan VPS hosting yaitu pengguna harus memiliki pengetahuan tentang konfigurasi server dan sistem operasi linux. Selain itu juga VPS hosting lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.
Jika kita tarik kesimpulan, perbedaan utama antara shared hosting dan VPS hosting yaitu shared hosting lebih cocok untuk pemula dengan traffic kecil. Sedangkan VPS hosting cocok untuk website dengan tarffic yang besar.

Nah itu tadi pembahasan kita tentang perbedaan antara shared hosting dan VPS hosting. Semoga bermanfaat ya sob!

Post a Comment for "Perbedaan Shared Hosting dan VPS"